tari tradisional afrika selatan

TARI GUMBOOT
Tari gumboot adalah sebuah tarian Afrika Selatanyang dilakukan penari dengan memakai sepatu boot. Di Afrika Selatan ini lebih umum disebut Gumboots.Sepatu boot dihiasi dengan lonceng, sehingga akan berbunyi saat penari menghentakkannya di tanah suara ini akan menjadi kode yang berbeda untuk mengatakan sesuatu kepada orang lain yang jaraknya jauh. Para penari menggunakan busana seperti halnya para penambang emas dan dilakukan serentak dan bersama-sama atau juga bisa disebut tari berkelompok. Gerakannya nyaris kompak. Semua serempak melompat di atas satu kaki. Sekejap kemudian topangan kaki berganti, dan kedua tangan menepuk keras sisi atas sepatu bot. Sesaat kemudian semua bersorak bareng. Senandung tembang mengiringi nyanyian mereka. Semua bergerak penuh semangat diiringi bunyi gendang bertalu-talu. Kepak tepukan tangan dan tepukan pada sepatu bot tak ada henti-hentin Tarian Gumboot (atau isicathulo) adalah Afrika tarian yang dilakukan oleh penari mengenakan sepatu bot Wellington Di Afrika Selatan ini lebih umum disebut bersepatu. Sepatu mungkin dihiasi dengan lonceng.Tarian gumboot menggunakan konsep polyrhythm dan menimbulkan gerakan yang sangat indah. Yang menggambarkan tarian budaya dari pekerja tambang di Afrika Selatan. Tari yang dibuat oleh dipadupadakan dengan idiophones atau autophones dan dalam pelaksanaannya.Tarian gumboot lahir dari sejumlah para penambang emas di Afsel pada abad ke-19. Para penambang kerap bekerja di kegelapan dan dilarang keras berbicara. Ini digunakan untuk berkomunikasi di tambang karena kalau mereka ketahuan berbicara keras, mereka akan dihukum oleh bos mereka. Sebagai pelampiasan, mereka menciptakan sendiri pola komunikasi dengan menepuk sepatu bot mereka. Iramanya dikombinasikan dengan tarian suku di Afrika dengan bantuan ketukan ritme perkusi.Aktivitas sejenis justru diklaim lahir di jalanan di pemukiman miskin di Soweto. Pada pertengahan ’70-an, muncul kelompok anak-anak yang berjoget ria dengan sepatu botnya. Filosofinya adalah, gerakan penuh semangat itu adalah lambang masa depan yang akan berubah ke arah yang lebih baik. Sepatu bot tadi ada yang dihiasi dengan lonceng, sehingga menambah ritme keramaian ketukan gerakan, sekaligus menjadi kode bahasa. Tapi kenyataannya adalah tari gumboot berasal dari para penambang emas, ini dibuktikan dengan penggunaan kostumnya berupa seragam penambang emas Gumboot adalah tarian dengan musik yang tercipta di Afsel pada Juli 1999. Hak cipta karya tersebut mulai diakui sebagai satu dari sederet kesenian Afsel di Festival Edinburg dan London’s West End, Afsel.Itulah tarian Gumboot, tari Afsel yang dilakukan para penari pemakai sepatu bot. Tarian ini biasa terlihat di jalan-jalan dan daerah wisata di Afrika Selatan seperti victoria dan alfrea waterfront.

TARI VOLKSPELE
Tari Vokspele adalah tarian tradisional Afrika Selatan yang berasal dari Boshof. Pertama kali diadakan tahun 1914. Tarian ini dimainkan secara kelompok yang terdiri dari perempuan dan laki-laki yang berpasangan,yang diiringi musik selaras dengan gerakannya.Busana yang dipakai wanita berupa gaun yang berasal dari busana resmi atau pakaian nasional yang biasa dipakai oleh wanita di negara-negara eropa. Motif baju yang digunakan semuanya sama yang membedakan hanyalah pada warnanya saja. Sedangkan busana yang dikenakan pria yaitu berupa rompi yang terdapat bordilan bunga secara asli, yang terdapat dibagian depan terutama bagian perut dan dilengkapi baju lengan panjang berwarna putih.Volkspele adalah Tarian tradisional yang berasal dari Afrika Selatan. Volkspele berarti “rakyat-game” atau kata lainnya adalah Folk-dance adalah otak-anak dari Afrika Selatan.Dr. SH Pellisier, yang mengunjungi Swedia pada tahun 1912 dengan seorang temannya untuk menjadi lebih mahir dalam pertukangan. Setelah menyelesaikan pekerjaan mereka bertemu dengan orang-orang muda lainnya di negara Afrika Selatan untuk merlatih mereka menyanyi dan dancing. Afrika Selatan adalah satu-satunya negara yang tidak memiliki tarian tradisional.Pellisier menerjemahkan empat tarian Swedia dan mengajarkannya untuk murid di Afrika Selatan yaitu Sekolah Tinggi di Boshof dimana ia sebagai Wakil Kepala Sekolah. Selama piknik Sekolah pada hari Minggu di peternakan Vuisfontein dekat Boshof pada 22 Februari 1914 mereka melakukan tarian untuk pertama kalinya. Permainan piknik dikenal sebagai volkspele.Dengan bantuan dari Reddingsdaadbond, sebuah organisasi yang didirikan untuk membantu menunjang kebudayaan di Afrika Selatan ini.kelompok penari yang disebut laers didirikan di seluruh negeri. Dan diterapkan diseluruh lapisan masyarakat, baik itu rakyat maupun anak sekolah.

TARI LIMBO
Tari limbo merupakan tarian Afrika yang dilakukan oleh banyak orang dan biasanya dilakukan di pinggir pantai. Dalam tarian ini terdapat suatu tantangan yaitu semua penari yang ada harus mampu melewati tiang / kayu yang disangga oleh 2 tiang. Jika penari gagal melewatinya maka penari tersebut harus mengulang dari awal. Kostum yang dipakai adalah kostum santai ala pinggir pantai, sedangkan musik pengiringnya adalah musik khas karibia.
Tari Limbo merupakan seni tari yang berasal dari Afrika Barat dan merupakan salah satu tarian yang sering dimainkan dalam pesta di pinggir pantai. Dalam tari Limbo ada sebuah tantangan yakni melewati kayu dengan cara membungkukkan badan ke belakang. Walaupun diakui sebagai tarian Afrika Barat, sebenarnya tari Limbo ini berasal dari Kepulauan Trininad. Sayangnya, kebanyakan orang mengira dn menganggap tari ini berasal dari Hawai. Tari Limbo ini mulai populer ditahun 1900-an. Tarian ini diiringi dengan iringan musik khas karibia.Seiring dengan populernya musik reggae dari Jamaika, tarian ini kemudian mulai identik dengan Jamaika.
Hal ini dibuktikan dengan banyaknya musisi asal Jamaika yang menciptakan banyak musik limbo ditahun 50-an, seperti Lord Tickler dan Calypsonians, Denzil Laing, The Wrigglers dan masih banyak lagi. Walaupun tarian limbo sangat identik dengan unsur senang-senang dan hura-hura, namun sebenarnya dalam tarian limbo terkandung filosofi hidup yang sangat mendalam. Limbo yang berasal dari kata limber yang berarti lentur mengandung filosofi hidup agar manusia tidak kalah dengan masalah atau rintangan yang ada. Hal ini tercermin dari geraka tari limbo dimana penarinya harus melewati papan limbo. Papan tersebut merupakan refleksi permasalahan yang akan dihadapi manusia. Dimana semakin orang itu dewasa maka rintangan hidup yang dihadapi seseorang pun akan semaki berat. Seperti papan dalam tari limbo yang semakin rendah. Sekarang ini tari limbo sudah dikenal oleh beberapa negara. Dan negara yang masih sering memainkan tari limbo adalah negara-negara Afrika dan Amerika Tengah. Tarian limbo biasanya dimainkan ketika ada acara resepsi pernikahan.

TARI TAPSULA
Tari Tapsula adalah tarian yang mirip dengan breakdance. Bentuk tarian yang ada pada tari tapsula berasal dari perpaduan tari hiphop dan klasik. Dalam gerakannya tari tapsula ini menyesuaikan dengan iringan musik dan tema yang sudah ada. Penari harus bisa membuat gerakan yang bagus dan tidak membosankan para penonton yang menyaksikan tari tapsula. Tarian ini dapat dilakukan oleh penari pria maupun wanita. Penarinya disebut breakdance.
Sebuah pertunjukan drama tari musikal dengan konsep baru digelar di Johannes Burg, Afrika selatan.Pertujukan ini sekaligus memperkenalkan sebuah inovansi seni gerak dan tari modern afrika selatan yang dinamai tapsula.Tarian ini hasil karya Cinda Eatock, seorang koreografer kelahiran AfSel yang baru kembali dari Broadway, New York, AS, 4 tahun silam. Dalam pertunjukan ini Eatock melibatkan 18 penari dan penabuh drum. Tarian tapsula adalah perpaduan antara tapsula aliran hiphop Afrika dan tari top klasik. Tarian yang mirip dengan breakdance ini populer pada tahun 1980. Bagi warga AfSel, tapsula tidak Cuma sebuah tarian modern. Dari tarian itu, mereka bisa melihat seberapa jauh rakya AfSel sudah berkembang. Mereka juga bisa belajar akan perbedaan dan membuat perbedaan itu bersinergi serta menciptakan karya otentik yang merefleksikan jiwa mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *